Komputer dan Industri


1. Revolusi Mandiri

    Pesatnya perkembangan teknologi informasi membuat terjadinya beberapa terobosan, yakni diantaranya ialah pada bidang yang disebut dengan kecerdasan buatan, disiplin ilmu tersebut merupakah sebuah disiplin ilmu dimana teknologi yang diciptakan merupakan adopsi dari keahlian seseorang yang dituangkan ke dalam suatu aplikasi yang memudahkan proses produksi dengan otomatis. 

A. Industri 1.0

Dipertemukannya mesin uap dan air untuk membantu para pekerja, sekitar tahun 1800-an, dengan adanya mesin air dan uap yang dipergunakan dapat membantu para pekerja.

B. Industri 2.0

Industri 2.0 ditemukannya energi listrik, tentunya penggunaan listrik lebih efektif apabila dibandingkan dengan tenaga uap dan air.

C. Industri 3.0

Industri 3.0 ditandai dengan ditemukannya perangkat elektronik. Pya melahirkan sistem dengan perangkat lunak yang memanfaatkan perangkat keras elektronik

D. Industri 4.0

Pada industri 4.0, penggunaan internet menjadi lebih pesat, mesin-mesin dapat berjalan menggunakan media internet untuk segala aktifitasnya seperti penggunaan e-toll. Pada pabrik-pabrik juga saat ini sudah menggunakan tren otomasi yang bisa melakukan pertukaran data dalam teknologi yang ada di pabrik tersebut semua secara online.


2. Otomasi Industri

Merupakan revolusi yang memiliki potensi untuk mempercepat proses produksi baik secara kualitas maupun kuantitas yang dapat dikerjakan oleh mesin. Jadi dalam penggunaannya mesin akan dirasa dapat bekerja lebih cepat daripada dengan tenaga kerja manusia


3. Struktur Robotik

Struktur nya terdiri dari :
a. Manipulator
Penggerak badan robot seperti dapat memutar, mencapit, dan sebagainya.
b. Kontroler
Merupakan peralatan yang bertugas untuk mengendalikan alur kinerja 
robot.
c. Power Daya (Power Supply)
Berguna untuk memberikan tenaga agar mesin atau robot dapat bergerak.
d. End Effector
Sebagai kelengkapan daripada kebutuhan untuk melakukan operasi tertentu pada suatu obyek

Dalam dunia industri robot digunakan sebagai alat ganti manusia yang butuh ketelitian tinggi dan waktu yang cepat dalam mengerjakan pekerjaan, adapun manfaat pengunaan robot dibidang industri adalah sebagai berikut:
a. Meningkatkan kualitas produk.
b. Meningkatkan management produksi.
c. Meningkatkan jumlah produksi.
d. Menghemat sumber daya

4. Jenis – Jenis Penggunaan Komputer dalam Bidang Industri

A. CAD (Computer Aided Design)

Merupakan komputer yang dikatakan dapat menggantikan meja gambar sebagai alat bantu untuk menggambar. Aplikasi ini sudah mendukung tampilan 3 dimensi.

B. Komputer-Aided Manufacturing (CAM)

Jenis komputer ini digunakan untuk membantu mengoperasikan mesin produksi dalam skala yang besar terutama dalam proses produksi bahan mentah yang diolah hingga menghasilkan produk jadi agar pengerjaannya menjadi lebih cepat

C. Manufacturing Resource Planning (MRPII)

Biasanya komputer jenis ini digunakan dalam bidang industri untuk membuat suatu rancangan sumber daya produksi skala besar. Tentu bukan hal yang sangat sepele untuk membangun atau merancang suatu sumber daya produksi, karena segalanya harus dipikirkan secara matang.

D. Computer Integrated Manufacturing (CIM)

Komputer manufaktur terintegrasi (CIM) adalah pendekatan pembuatan menggunakan komputer untuk mengontrol seluruh proses produksi. Integrasi ini memungkinkan proses individu untuk pertukaraninformasi dengan satu sama lain dan melakukan tindakan

5. Kegunaan Komputer di Bidang Industri

Dalam dunia industri, komputer dapat membantu pekerjaan manusia dalam mengendalikan produksi massal atau produksi yang besar.
Beberapa aspek Komputer dimanfaatkan pada bidang industri yakni 
pada aspek :

A. Aspek produksi

Dalam aspek produksi, terutama pada produksi berskala besar tidak memungkinkan apabila dilakukan secara manual. Dengan adanya komputer proses produksi akan lebih cepat dibanding kekuatan, kecepatan dan ketepatan manusia, karena semua proses pekerjaan akan menggunakan sistem komputerisasi.

B. Aspek pegemasan

         Proses pengemasan sangat penting dalam dunia produksi, dimana sangat mempengaruhi daya jual sebuah produk. Komputer sangat dibutuhkan untuk pembuatan desain suatu produk, agar tampilan produk yang dijual terlihat menarik.

C. Aspek distribusi dan promosi

           Dengan adanya komputer promosi sebuah produk akan lebih mudah. Diantaranya promosi dapat dilakukan dengan menggunakan situs web maupun blog. Pembuataniklan yang menarik menggunakankomputer dipercaya hasilnya cukup maksimal

D. Aspek administrasi

Kegiatan administrasi dalam sebuah industri akan lebih mudah jika menggunakan komputer, diantaranya :
1) Dalam kegiatan surat menyurat amat sangat mudah dilakukan menggunakan komputer, contohnya surat kontrak kerja dengan industri 
lain.
2) Membuat akumulasi dana atau laporan keuangan, laporan gaji karyawan, dsb

6. Dampak Negative Penggunaan Komputer dalam Bidang Industri

Walaupun banyak kegunaan komputer di bidang industri, ada pula dampak negatif yang ditimbulkan akibat penggunaan komputer dibidang industri, antara lain :
a. Biaya perawatan dan pemeliharaan mesin dan robot dalam bidang industri relatif mahal.
b. Mengurangi kesempatan kerja.
c. Pemborosan energi.

7. Peluang dan Tantangan Industri 4.0

        Revolusi industri generasi keempat tidak hanya menyediakan peluang, tetapi juga tantangan bagi generasi milenial. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pemicu revolusi industri juga diikuti dengan implikasi lain seperti pengangguran, kompetisi manusia vs mesin, dan tuntutan kompetensi yang semakin tinggi.

Menurut Prof Dwikorita Karnawati (2017), revolusi industri 4.0 dalam lima tahun mendatang akan menghapus 35 persen jenis pekerjaan. Dan bahkan pada 10 tahun yang akan datang jenis pekerjaan yang akan hilang bertambah menjadi 75 persen. Hal ini disebabkan pekerjaan yang diperankan oleh manusia setahap demi setahap digantikan dengan teknologi digitalisasi program. Dampaknya, proses produksi menjadi lebih cepat dikerjakan dan lebih mudah didistribusikan secara masif dengan keterlibatan manusia yang minim. Di Amerika Serikat, misalnya, dengan berkembangnya sistem online perbankan telah memudahkan proses transaksi layanan perbankan. Akibatnya, 48.000 teller bank harus menghadapi pemutusan hubungan kerja karena alasan efisiensi


8. Isu Terkait dengan Revolusi Industri di Kalangan Masyarakat

a. Apakah dengan adanya revolusi industri maka peranan tenaga kerja di 
Indonesia akan digantikan oleh mesin?
b. Apakah dengan adanya revolusi industri maka akan semakin banyak terjadinya 
fenomena Pemutusan Hak Kerja (PHK) terhadap tenaga kerja?
c. Bagaimana cara agar masyarakat siap dengan perubahan daripada revolusi 
industri yang kemungkinan besar akan mempengaruhi kehidupan secara 
signifikan?

C. SOAL LATIHAN/TUGAS

1. Apa yang dimaksudkan dengan revolusi industri?
2. Sebutkan dan jelaskan tahapan revolusi industri!
3. Apa peranan komputer dalam perkembangan revolusi industri?
4. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis komputer yang dimanfaatkan dalam bidang 
industri!

Jawaban
1. Revolusi industri mengubah masyarakat agraris menjadi masyarakat industri. Perubahan penting yang terjadi termasuk pengenalan mesin-mesin baru yang dapat meningkatkan efisiensi produksi, penggunaan energi mekanik yang lebih luas untuk menggantikan tenaga manusia atau hewan, dan pengembangan sistem produksi yang terorganisir dan terpusat.

2. A. Industri 1.0
Dipertemukannya mesin uap dan air untuk membantu para pekerja, sekitar tahun 1800-an, dengan adanya mesin air dan uap yang dipergunakan dapat membantu para pekerja.
B. Industri 2.0
Industri 2.0 ditemukannya energi listrik, tentunya penggunaan listrik lebih efektif apabila dibandingkan dengan tenaga uap dan air.
C. Industri 3.0
Industri 3.0 ditandai dengan ditemukannya perangkat elektronik. Pya melahirkan sistem dengan perangkat lunak yang memanfaatkan perangkat keras elektronik
D. Industri 4.0
Pada industri 4.0, penggunaan internet menjadi lebih pesat, mesin-mesin dapat berjalan menggunakan media internet untuk segala aktifitasnya seperti penggunaan e-toll. Pada pabrik-pabrik juga saat ini sudah menggunakan tren otomasi yang bisa melakukan pertukaran data dalam teknologi yang ada di pabrik tersebut semua secara online.

3. 1.Aspek produksi
    2.Aspek penegasan
    3.Aspek distribusi dan promosi
    4.Aspek administrasi

4. a. CAD (Computer Aided Design)
    b. Komputer-Aided Manufacturing (CAM)
    c. Manufacturing Resource Planning (MRPII)
    d. Computer Integrated Manufacturing (CIM)

0 comments