Sejarah, Perkembangan dan Kritik Tentang Teknologi Maju



1. Sejarah Awal Komputer

        Awal mula evolusi komputer kemungkinan besar dimulai dengan keinginan manusia untuk memahami dan memanipulasi lingkungan. Seiring waktu perangkat baru ini meningkatkan kemampuan untuk menyimpan dan menemukan apa yang sekarang disebut data, untuk berkomunikasi jarak jauh, dan untuk membuat produk informasi yang dikumpulkan dari miliaran elemen yang tak terhitung jumlahnya, semua diubah menjadi format digital yang seragam.

2. Sejarah Perkembangan Komputer

a. Blase Pascal
Perkembangan komputer sejak masa Blaise Pascal (1623-1662) dimana Pascal mengembangkan kinerja komputer dari pendahulunya, dengan penemuannya yang membawa 8 jumlah bilangan. Perangkat yang masih menggunakan sistem seperti ini contohnya mobil, pengukur meteran elektronik, serta odometers pompa. Pada tahun 1649 ia di berikan penghargaan Royal Privilege dimana ini adalah hak yang dipergunakan untuk memproduksi dan memperjualkan mesin ciptaannya (kalkulator komputer).

Blase Pascal


b. Charles Babbage
Seorang Profesor Matematika asal Inggris yaitu Charles Babbage atau lebih dikenal sebagai Bapak Komputer adalah gelar dari Charles Babbage. Charles Babbage menemukan mesin baru sebagai bukti dari gagasannya tersebut.

Charles Babbagae

Difference engine yang merupakan buatan Charles Babbagae merupakan inspirasi yang melahirkan sejarah awal mula terbuatnya komputer. Mesin tersebut dirancang pertama kali sekitar 25.000 bagian dan beratnya sekitar 136.000 kg, lalu tinggi dari komputer ini mencapai 2,4 meter.
Difference Engine

c. Gottfried Wilhem von Leibniz
Komputer mengalami perkembangan yang pesat pada 1820, yaitu dimana kalkulator mekanik sudah bisa melakukan 4 operasi dasar aritmatika.

Gottfried Wilhem von Leibniz

d. Herman Hollerith
Mesin tabulator yang dibuat olehnya menggunakan punched card. Pada prosesnya, dikatakan memiliki kinerja yang sangat cepat dan dapat memproses berjuta-juta data statistik. Data yang didapati oleh hollerith dapat diletakan (lubang) ke-sebuah kartu (punched card) yang memiliki lokasi yang sesuai atau lokasi dengan kondisi tertentu.

Herman Hollerith

e. Howard H. Aiken
Dengan memanfaatkan signal elektromagnetik, Howard dapat menciptakan sebuah kalkulator elektronik. Diikuti oleh munculnya perkembangan komputer selanjutnya yaitu Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). John W John Presper Eckert (1919-1995) merupakan 2 ahli yang berhasil membuat ENIAC.

Howard H. Aiken

f. John William Mauchly
Pada 1940-an John menemukan mesin yang bisa menyimpan data dan program ke dalam memori bernama Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dan ini merupakan awal mula pembuatan CPU yang diperkirakan muncul sejak masa tersebut.

John William Mauchly

3. Kritik Terhadap Perkembangan Teknologi Maju

Teknologi merupakan bagian dari kehidupan kita saat ini. Semua aktivitas hampir selalu melibatkan teknologi. Banyak manusia yang menganggap bahwa komputer sekedar barang elektronik biasa, padahal komputer termasuk ke dalam teknologi tepat guna seiring perkembangan zamannya. Teknologi memainkan perannya yang signifikan dengan merealisasikan efek pemberdayaan diri. Berikut beberapa pendapat para ahli:

a. James D. Finn
Pada tahun 1960 ia mengatakan bahwa teknologi bukan sekedar sebuah mesin, tapi sebagai sistem , manajemen, proses juga sebagai mekanisme yang dapat memantau perkembangan zaman. Dimana James dianggap sebagai Bapak Teknologi di bidang pendidikan.

b. Saettler
Saettler mengatakan bahwa bangsa yunani kuno mengakui teknologi sebagai pengetahuan yang dapat melakukan kegiatan khusus. Saettler mengacu pada Mitcham yang memiliki konsep dari penjelasan aristotuntuk menghasilkan kegiatan yang dapat membantu manusia dengan baik.

Pada bidang komunikasi juga terjadi perkembangan yang mencolok. Bekomunikasi saat ini sangat terbantu dengan adanya teknologi. Sebelumnya untuk berkomunikasi harus melalui surat menyurat yang datangnya bisa berhari-hari. Dengan adanya teknologi kita dapat menggunakan aplikasi seperti e-mail ataupun melalui jejaring sosial, kita sudah dapat berkomunikasi dengan mudah dan sangat cepat. 

4. Soal dan Jawaban

1. Bagaimana pendapat anda tentang perkembangan komputer?

Menurut pendapat sayaperkembangan komputer telah membawa dampak yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan kita. Penting bagi kita untuk terus memantau perkembangannya, mengevaluasi implikasi positif dan negatifnya, dan mengambil langkah-langkah yang bijaksana dalam penggunaan dan pengembangan teknologi komputer.

2. Bagaimana pendapat anda tentang dampak yang ditimbulkan akibat perkembangan komputer?

perkembangan komputer telah memberikan dampak yang luas dan kompleks dalam berbagai aspek kehidupan kita. Sementara ada manfaat yang signifikan, penting untuk terus memperhatikan dan menyeimbangkan implikasi sosial, budaya, ekonomi, dan etis dari perkembangan ini untuk memastikan penggunaan teknologi yang bertanggung jawab

0 comments