Permanfaatan Komputer di Masyarkat





1. Masyarakat

Masyarakat dikenal makhluk yang bersosial, mereka membutuhkan satu sama lain untuk dapat hidup, tidak akan bisa menghidupi kehidupan sendiri atau individualisme dalam suatu masyarakat, apabila ada seseorang bersifat seperti itu maka akan ada timbal balik dari masyarakat itu sendiri, yaitu sebagai berikut:
  1. Tentunya ada contoh tersebut melebihi jumlah satu orang.
  2. Interaksi dari perorangan dengan isyarat.
  3. Ada renggang waktu dimana fungsi tersebut untuk menentukan sifat yang sedang berjalan.
  4. Memiliki suatu tujuan yang memang sudah di rencanakan.

2. Dinamika Masyarakat

Perubahan yang terjadi dengan keadaan lingkungan dinamis manusia harus benar benar memiliki rasa menghargai satu dengan yang lainnya agar dapat hidup berkelompok dan dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Dimana manusia harus memaksa seluruh pikiran, keaktifan, berfikir kreatif, serta daya tahan untuk menghadapi kenyataan dalam hidup bermasyarakat. Contoh kecilnya yaitu apabila ada seseorang dalam kondisi yang sakit pastinya mencari rumah sakit untuk penanganan lanjutan, dalam kondisi lapar pastinya seseorang harus mencari tempat makan. Beberapa pakar berpendapat sama mengenai kehidupan manusia akan selalu berubah, kondisi seperti ini dinamakan sebagai perubahan sosial.

3. Permanfaatan Komputer

Dalam kehidupan sehari-hari komputer sangat berpengaruh dan sangat berperan bagi kehidupan manusia, baik itu seseorang atau pun ataupun sekelompok manusia. Komputer diera masa kini sudah pasti memiliki banyak peningkatan kelebihan dari sekedar perhitungan matematika. 
Contoh:
a. Sebagai Alat Pengolah Data
    - Alat Mekanik Elektronik
    - Peralatan Mekanik
    - Peralatan Manual
    - Peralatan Elektronik

b. Komputer Dalam Kehidupan
    - Bidang Kesehatan
    - Bidang Transportasi
    - Bidang Pendidikan 
    - Bidang Jasa Pengiriman Barang
    - Bidang Jasa Konstruksi
    - Bidang Pertahanan dan Keamanan Negara
    - Bidang Industri
    - Bidang Jasa
    - Bidang Industri Perfilman
    - Bidang Industri Rekaman
    - Bidang Olahraga

4. Dampak Akibat Adanya Komputer

Dengan adanya komputer pastinya memiliki dampak positif dan negatif. 

a. Dampak Positif
  1. Mendapat informasi yang lebih mudah dan cepat
  2. Berkomunikasi lebih baik
  3. Memudahkan pekerjakan
  4. Transportasi yang lebih baik
b. Dampak Negatif
  1. Kurangnya sosialisasi secara langsung
  2. Data mudah dicuri
  3. Pekerjaan yang digantikan oleh mesin
Kesadaran masyarakat tentunya sebagai solusi utama bagi mereka dalam mempergunakan kemajuan teknologi harus seefisien mungkin.

5. Isu Sosial dan Masalah yang Terjadi di Masyarakat

Semua yang terjadi dalam kehidupan pasti tidak lepas dari yang namanya dampak, baik yang bersifat positif maupun negatif. Begitu pula isu-isu yang tersebar luas dikalangan masyarakat terkait dengan komputer dan teknologi. Walaupun Komputer dan Teknologi sudah banyak membantu kegiatan manusia, namun ada saja isu yang kurang berkenan dengan kehidupan sosial. 
Beberapa jenis isu yang dianggap cukup menonjol seperti:
  • Bidang Pekerjaan
  • Bidang Kesehatan
  • Hak Kebebasan Pribadi
  • Kendali yang terpusat 
  • Tanggung Jawab
  • Citra Diri Manusia
  • Etika dan Profesionalisme
  • Kepentingan Nasional
  • Kesenjangan Keahlian

6. Soal dan Jawaban

1. Bagaimana syarat terbentuknya masyarakat? 

Interaksi sosial: Masyarakat terbentuk melalui interaksi antara individu-individu yang saling berhubungan, berkomunikasi, dan terlibat dalam kegiatan sosial bersama.

Norma dan nilai: Terdapat aturan, norma, dan nilai yang diterima dan diikuti oleh anggota masyarakat untuk menjaga kerjasama, harmoni, dan kesatuan dalam kehidupan bersama.

Struktur sosial: Masyarakat memiliki struktur sosial yang terdiri dari berbagai peran, status, dan kelompok yang saling terkait dan membentuk pola hubungan yang berbeda-beda.

Budaya: Masyarakat memiliki warisan budaya, termasuk bahasa, tradisi, adat istiadat, agama, dan sistem kepercayaan yang membentuk identitas dan cara hidup masyarakat.

Penyesuaian: Individu-individu dalam masyarakat harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam lingkungan sosialnya.

2. Berilah contoh manfaat komputer dalam kehidupan anda? 

Manfaat komputer ini membantu meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan kualitas hidup saya dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh di bidang Pekerjaan dan Produktivitas: Komputer menjadi alat yang sangat penting dalam pekerjaan saya. Saya dapat menggunakan aplikasi pengolah kata, spreadsheet, dan presentasi untuk membuat dokumen, mengelola data, dan menyampaikan informasi dengan lebih efektif. Selain itu, komputer juga memungkinkan saya untuk bekerja secara fleksibel dan mengakses sumber daya yang diperlukan untuk tugas-tugas pekerjaan. 



∾∾∾∾∾

0 comments