Pengenalan Komputer



1. Definisi Komputer

            Komputer dikenal oleh masyarakat sebagai teknologi atau elektronik yang dapat mengimput data, memproses data, dan menghasilkan output berupa informasi. Kata komputer berasal dari bahasa Yunani yakni Computare artinya adalah menghitung. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, fungsi komputer dari tahun ke tahun selalu berkembang. Secara umum pada dasarnya komputer memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Komputer yaitu kumpulkan dari beberapa alat elektronik yang digabungkan.
  • Komputer dapat menginput, lalu memproses inputan, dan menyimpan data.
  • Komputer dapat menghasilkan informasi sesuai permintaan dari user.
Tiga hal utama di dalam sebuah komputer, yakni:
  • Alat Masukan (Input Device) seperti Keyboard, Mouse, dll
  • Alat Pemroses Data (Processor)
  • Alat Keluaran (Output Device) seperti printer, speaker, dan monitor.

2. Generasi Komputer dari Tahun ke Tahun

            Pada komputer generasi pertama menjadi penemuan awal dari sebuah tabung yang hampa udara sebagai alat penguat jaringan atau sinyal, lalu komputer terus berkembang pada generasi selanjutnya.

  • Generasi Pertama Komputer Tahun (1941 - 1952)

Pada awal masa dimana komputer ditemukan, tujuan utama dari komputer adalah membantu proses perhitungan, kemudian komputer mulai dengan program dan diterapkan pada beberapa tujuan, salah satunya untuk matematis untuk tujuan perang. Pada generasi ini ditemukan tabung hampa yang memiliki fungsi untuk penguat sinyal, komponen ini adalah khas dari komputer generasi pertamanya. Pada generasi ini juga komputer pertama diciptakan yang bernama ENIAC. 

ENIAC


Tabung Hampa

  • Generasi Kedua Komputer Tahun (1952 - 1956 - 1958) 

Pada komputer generasi kedua, bentuk komputer sudah memiliki bentuk agak kecil dibandingkan dengan generasi pertama. Ciri khas komputer generasi kedua adalah ditemukannya Transistor (transfer resistor). Transistor mempunyai arti suatu alat yang mampu menguatkan, alat yang bisa dijadikan sebagai penyambung serta pemutus arus, alat yang dapat menstabilkan tegangan dan sebagai alat merubah sinyal. 


Komputer generasi kedua

  • Generasi Ketiga Komputer Tahun (1958 - 1970)

Pada komputer generasi ketiga ini, secuil silicium adalah salah satu penemuan pada masa ini yang memiliki bentuk ukuran hanya beberapa milimeter, yang lebih dikenal dengan IC-Chip (Integrated Circuit). IC memiliki peran yang sangat besar, IC dapat meminimalkan panas yang dihasilkan oleh komputer. 

IC-Chip

  • Generasi Keempat Komputer Tahun (1970 - 1980)

Yang menjadi ciri khas pada generasi keempat ini adalah Microprocessor dimana terdapat pemadatan ribuan IC pada sebuah Chip. Microprocessor adalah awal mulanya kelahiran komputer personal. Pada generasi ini komputer mulai mudah digunakan, antara lain dengan adanya tampilan GUI (Graphic User Interface), pemakaian mouse, dan lain-lain.
Komputer Generasi Kedua

  • Generasi Kelima-Sekarang (1980 - saat ini)

Munculnya generasi kelima yaitu dengan datangnya: LSI (Large Scale Intergation) dimana ini dilakukan dengan cara pemadatan ribuan Microprocessor yang dimasukan pada sebuah Micropocessor. Munculnya semiconductor dan microprocessor juga merupakan ciri khas pada generasi ini.

Komputer Generasi Kelima

  • Generasi Keenam Komputer (Masa Depan)

Perkembangan komputer pada era generasi ini disebut sebagai komputer masa depan. Komputer masa depan adalah komputer dengan kemampuan untuk yang dapat meminimalisir  proses menggunakan baris program atau dikenal dengan Programless.

3. Penggolongan Komputer

Komputer dapat digolongkan berdasarkan:
  • Processor
  • Jenis Komputer Berdasarkan bentuk dan Ukuran Fisik
  • Komputer Berdasarkan Jenis Data yang Diolah
  • Komputer Berdasarkan Penggunaannya

4. Soal dan Jawaban

1. Jelaskan definisi komputer menurut anda? 

Definisi komputer menurut saya adalah suatu perangkat elektronik yang dapat menerima, memproses, dan menghasilkan informasi dengan menggunakan instruksi-instruksi yang telah diprogram. Komputer dapat melakukan berbagai tugas, seperti pengolahan data, komunikasi, multimedia, dan banyak lagi. 

2. Jelaskan penggolongan komputer menurut ukurannya?

a) Komputer Mainframe: Merupakan komputer dengan ukuran fisik yang besar dan memiliki kapasitas pemrosesan yang tinggi. Biasanya digunakan oleh perusahaan besar dan organisasi pemerintah untuk memproses data dalam jumlah besar dan kompleks.

b) Komputer Minicomputer: Merupakan komputer dengan ukuran yang lebih kecil dari mainframe, tetapi memiliki kemampuan yang lebih rendah. Biasanya digunakan oleh organisasi yang membutuhkan daya pemrosesan yang sedang, seperti universitas atau laboratorium penelitian.

c) Komputer Mikrokomputer/Personal Computer (PC): Merupakan komputer yang ukurannya paling kecil dan paling umum digunakan. PC biasanya digunakan oleh individu untuk keperluan pribadi atau bisnis. Terdapat beberapa kategori dalam komputer PC, seperti desktop, laptop, tablet, dan smartphone.`

3. Jelaskan komputer menurut penggunaannya? 

a) Komputer Personal (PC): Merupakan komputer yang digunakan oleh individu untuk keperluan pribadi, seperti bekerja, mengakses internet, atau bermain game.

b) Komputer Server: Merupakan komputer yang dirancang untuk memberikan layanan kepada komputer lain dalam suatu jaringan, seperti menyimpan data, hosting situs web, atau mengelola basis data.

c) Komputer Jaringan: Merupakan komputer yang terhubung satu sama lain melalui jaringan komputer, biasanya digunakan untuk berbagi sumber daya seperti printer atau penyimpanan data.

d) Komputer Embedded: Merupakan komputer yang terintegrasi dalam perangkat atau sistem lain, seperti dalam mobil, peralatan rumah tangga, atau peralatan medis.

4. Jelaskan apa yang dimaksud software, hardware dan brainware?

a) Software: Merupakan komponen non-fisik dari komputer yang terdiri dari program-program yang menjalankan instruksi-instruksi dan mengontrol operasi komputer. Ini termasuk sistem operasi, aplikasi, dan perangkat lunak lainnya.

b) Hardware: Merupakan komponen fisik dari komputer yang meliputi semua perangkat keras yang terlihat dan dapat disentuh, seperti prosesor, memori, hard disk, monitor, keyboard, dan sebagainya.

c) Brainware: Dalam konteks komputer, brainware merujuk pada pengguna atau operator komputer. Brainware mencakup pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman pengguna dalam mengoperasikan dan memanfaatkan komputer serta perangkat lunak dan hardware yang ada.

5. Berilah contoh komputer masa depan, dan fungsinya? 
a) Quantum Computer: Komputer ini menggunakan prinsip-prinsip fisika kuantum untuk melakukan pemrosesan data. Quantum computer berpotensi mengatasi batasan komputer 

0 comments